Syahrony wrote:

Adi Nugraha wrote:

Halo,

berikut kondisi disini
Server Mandrake 9.0 berfungsi sebagai proxy dan mail server, dengan squid dan postfix + cyrus + clamav + amavisd + spamassasin Server P III 933 Mhz dengan memory 256 Mb, dan HD 40 Gb, untuk hardware, masih saya anggap cukup,

masalahnya:
saat ini mail server sangat lambat baik untuk mengirim dan menerima, untuk pengiriman disini kita lakukan dengan merelay ke smtp server ISP tapi untuk email dengan ukuran yang besar kebanyakan hasilnya adalah :

(conversation with xxx.xxx.xxx.xxx[xxx.xxx.xxx.xxx] timed out while sending message body)

kalo dilihat dari iptraf trafficnya memang cukup besar tapi semuanya menuju ke smtp server ISP, jadi saya rasa masalah bukan hanya di koneksi internet yang pelan, BTW koneksi internetnya disini pake wireless dedicated 64 Kbps

dan saat ini banyak spam yang masuk padahal spamassasin sudah berjalan,
BTW server ini disetting oleh pendahulu saya jadi saya tidak terlalu ngerti tentang mail server ini,

beberapa pertanyaan,
1. bagaimana cara merelay melalui smtp Gmail ?, sudah coba cari di archive milis memang ketemu banyak pertanyaan serupa tapi tidak ada jawaban yang berhasil, karena pengin nyoba relay ke smtp server yang lain dulu karena email melalui webmail seperti yahoo cukup lancar.

2. adakah cara untuk memberitahu spamassasin email mana yang bisa dianggap sebagai spam melalui isinya ??

3. apakah ada settingan khusus di postfix yang bisa membantu masalah penerimaan dan pengiriman yang sedang dihadapi kami ? sudah cari di website postfix tapi bingung yang mana yang ;ebih cocok untuk diterapkan, mungkin ada yang sudah pengalaman bisa bantu ?

Beberapa masalah yang menyebabkan perfomance postfix atau smtp server lainnya adalah resolve dns yang lambat, untuk itu di rekomndasi kan sebaik nya install lokal caching DNS seperti djbds , apalagi ketika di postfix integrate spamassasin dan network test seperti RBL , bayes, razor /pyzor, DCC, caching dns sangat diperlukan

Terima kasih

sepertinya bukan masalah DNS sih, soalnya relaynya langsung saya arahkan ke IP tanpa menggunakan hostname, jadi semua email dari domain saya di relay ke SMTP ISP, maksudnya untuk meringankan beban SMTP server di sini, tapi ternyata untuk merelay ke SMTP ISP saja lebih sering connection timed out untuk email dengan ukuran yang besar besar ( > 500K)