coba baca di :
http://www.squid-cache.org
http://efnet.linux.or.id/docs/
http://www.iptables.org/
dan search di google
semoga membantu
thx

kawan,

saya sudah hampir seminggu 'berkenalan' dengan linux (Fedora Core 4),
dan beberapa tutorial yg saya implementasikan dikantor : misal
firewall (iptables) + DNS (bind).

rencana hari ini saya mau belajar memasang gateway dan squid/proxy
untuk digunakan didalam kantor saya. mohon rekan2 yg memiliki info URL
yg cocok dan sederhana dikerjakan untuk membangun gateway dan
proxy/squid.

Untuk sementara saya simpulkan bahwa linux ini cukup mudah digunakan
karena didukung dengan komunitas yang besar terutama di indonesia
(linux.or.id) yang setiap ada permasalah 'mereka' langsung membantu :)

thx