On Sat, Mar 04, 2006 at 12:09:02PM +0900, Dave Muhammad wrote:
> Yaa 'mungkin' masalah ingin lebih mengenai jauh tentang LINUX.
> dimana kalo cuma pake 'rpm -xxx' terlalu gampang :)
> dengan 'compile' pengguna dapat belajar lebih jauh mengenai program tersebut
> (mulai download,compile,letak path,customize dll)
>
> kalo saya sendiri sih sarankan jgn terpaku dengan package aja...jgn mundur
> dengan cara 'compile' itu kawan :)

Ya itu sih gak masalah. Selama bukan production system yg dipake buat
belajaran. Kalo buat belajar pake system yg terpisah dr yg production.

Yg jadi masalah itu seringnya mau sekaligus belajar lewat coba2 tapi
langsung di production system.

Mempelajari konsep itu gak ada salahnya. Saya cuma merasa agak aneh
kalo sengaja mau yang susah utk melakukan sesuatu (yg sifatnya
production) setelah mengerti konsepnya. Saya bisa mengcompile sendiri
dr source kalo mau, dulu belajar juga, tapi skrg jarang sekali compile
dr source walaupun utk server yg production system, selama masih bisa
dipenuhi kebutuhannya oleh paket2 bawaan distro (seringkali iya).

Ya saya bukannya mau memaksakan kebiasaan saya ke orang lain sih, cuma
sekedar heran aja kok seakan2 suka menyusahkan diri sendiri. Pada
akhirnya sih ya terserah pribadi masing2 sukanya gimana.

Ronny