Dear Yusuf,

saya ada buat script untuk membackup database saya setiap malam, dan menghapus file backup yang berumur satu minggu sebelumnya. Kompresi yang saya gunakan adalah .tar.gz, karena kalau pakai zip di linux kurang mantab :D

ini scriptnya:

######## Mulai dari sini #########

#!/bin/bash
TIMESTAMP=`date +%m-%d-%y-%H%M`
cd /backups/mysql #sebelumnya buat dulu direktori ini dengan permission: 700 find /backups/mysql/*.tar.gz -mtime +7 -exec rm -f {} ; # Ini bagian menghapus file backup lebih dari seminggu # Berikut adalah metode untuk melakukan backup sesuaikan dengan nama database, username dan password Anda.
DBNAME=NAMA_DATABASE_YANG_AKAN_DIBACKUP
mysqldump --opt -c -e -Q -u MYSQL_USER -p'MYSQL_PASSWORD' $DBNAME > $DBNAME.sql
tar czpf $DBNAME.$TIMESTAMP.tar.gz $DBNAME.sql
rm -f $DBNAME.sql

####### Selesai #######

Regards,

Kalpin Erlangga Silaen

M Yusuf wrote:
Rekan sekalian,...

Bagaimana ya caranya untuk membuat sistem yang otomatis
misal jam tertentu untuk membackup database mysql dan menzip
dengan nama file tanggal, misal 20060420.zip

  Terima kasih
  MYusuf.or.id
  Percaya pada Tuhan. Tiap saat ikatan makin kuat.
  Bimbingan hidup yang kita lihat.
  - Phil Collins, OST Tarzan (cartoon) -