Rio Martin. wrote:

> Jawabnya bisa.
> kan ada iptables -A bla-bla-bla -m mac
>
> Sedikit PR (sebenarnya saya yang nanya sih) :p
> Gimana cara menjumlahkan 2 rule iptables yang berbeda diatas untuk monitoring?
> Dulu pernah tanya ke milis tapi belum dapat jawaban.

Kalau asumsinya adalah jumlah byte masing-masing rule iptables, saya
ngelakuinnya gini pak rio.

Misal saya punya rule seperti ini (saya potong biar masuk kolom imel):

 1223    38847 mesin      tcp  --  *
69188 66991894 mesin      tcp  --  *

Untuk hitung jumlah totalnya, awk dalam script untuk ambil nilai bytes
dari iptablesnya (dari referensi artikel di atas) bisa diubah dari:

paketOUT=`/sbin/iptables -nvxL FORWARD | grep "$1-out" | \
        awk '{print $2}'`

menjadi seperti ini:

paketOUT=`/sbin/iptables -nvxL FORWARD | grep "$1-out" | \
        awk '{print s+=$2}' | tail -1`

Sebenernya ndak terbatas di 2 line saja sih. Kalau yang tertangkap oleh
iptables -nvxL itu ada 10 ya ke-10 itu dijumlahkan semua. Intinya di awk
itu, kemudian tailnya ngambil hasil akhirnya.

--
Kamas Muhammad