Dear Zaki,

Sayangnya Anda tidak menyebutkan OS yang Anda gunakan. Sebagai contoh
saya ambil OS RedHat 9.

1. Untuk membatasi root hanya bisa login dari tty1, silahkan mengedit
file /etc/securetty
   Hapus semua terminal yang ada kecuali tty1
2. Edit file /etc/ssh/sshd_config
   Cari baris dengan kata-kata berikut: #PermitRootLogin yes
   Uncomment kemudian buat menjadi no, sehingga barisnya menjadi
   PermitRootLogin no
   Jangan lupa untuk merestart ssh services Anda.
3. Jika nomor 2 sudah sukses, maka otomatis root tidak akan bisa lagi
login via scp/sftp.

Semoga berguna.