On Tue, Aug 29, 2006 at 12:58:48PM +0700, Hari Purnama wrote:

> skripnya bagus.. :)
> cocok buat pelangganan speedy yg limited/quota

Sebenarnya saya lagi buat skrip untuk menghitung usage speedy,
memang di kantor saya pakai speedy dg quota 750MB. Saat ini
usage speedy (downstream dan upstream) sudah tersimpan ke
database mysql (memanfaatkan environment variable BYTES_SENT
dan BYTES_RCVD dr pppd). Var ini disimpan saat koneksi terputus
yakni di script /etc/ppp/ip-down.local. Setelah cukup banyak
trafik konek dan diskonek akhirnya bisa diambil kesimpulan
sbb:

  Usage speedy total =~ (total BYTES_SENT + BYTES_RCVD) * markup

Dimana markup = 1.1

Usage speedy total diambil dr situs telkomspeedy atau kalau
mau cepat bisa pakai script perl yg dulu pernah saya kirim
ke milis. Jadi pelanggan speedy yg paranoid kayak saya bisa
menghandalkan perhitungan ini atau kalau ingin safety ganti
saja markup dg angka yg lebih besar 1.2 misalnya.

Salam,

~yudi