On Tue, Sep 05, 2006 at 11:42:37AM +0700, Muhammad Ichsan wrote:
> Saya juga punya masalah yang mirip. Saya juga gak bisa transparant
> proxy dengan ADSL. Harus dispecify 3128 di klien. Saya udah lakukan:
>
> echo 1 >  /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

Kalau ip_forward-ing ini rasanya ndak ngaruh kok.
ip_forward ini terutama digunakan kalau client mau pakai mIRC, ftp,
atau yahoo messenger. Jadi meski proxy transparent jalan di client
bisa jadi ip_forward-nya dimatikan (diset ke 0).

> httpd_accel juga udah
>
> iptables -t nat -A POSTROUTING  -o eth3 -j MASQUERADE -m comment
> --comment "mengubah asal paket yang menuju kantor B (eth3) adalah ip
> dari eth3"
>
> iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth1 -j MASQUERADE -m comment
> --comment "mengubah asal paket yang menuju modem ADSL (eth1) adalah ip
> dari eth1"
>
> iptables -A PREROUTING -t nat -i eth0 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT
> --to-port 3128

Nah ini juga kurang 's' di "--to-port" mestinya "--to-ports".
Semoga cespleng, soalnya di dua warnet yg saya admin-i dan di kantor
sendiri pakai transparent proxy dan jalan.

> Tetap aja gak bisa. Ada tools di Linux untuk monitoring lalu lintas
> paket gak sih? Jadi saya bisa tahu kenapa paket ini terhenti dan di
> mana terhentinyaa.

Pakai iptraf. Pertama setelah masuk iptraf dr client A, anda set
filter tcp agar hanya menampilkan trafik dr client A, ini hanya
untuk memudahkan pengamatan saja, soalnya kalau banyak client
yg ke internet bakalan bingung atau susah trace problemnya.

Saya kadang2 pakai metode ini kalau ada masalah seperti tidak
bisa login ke yahoo messenger (lama masuknya).

Salam,

~yudi