Kenapa pada takut dengan vi ya ?

Sedikit cerita:
dulu waktu harus nanganin mesin hosting FreeBSD, saya bingung kenapa di mesin
itu kagak ada pico nya, terus harus edit dengan apa ? bingung2 akhirnya
sampai harus pake wget dan ftp, saya editnya di windows, lalu upload ke mesin
itu. Tapi waktu itu saya sudah tau kalau ada vi. Pernah punya pengalaman lagi
waktu itu kalau gak salah harus nanganin mesin yang saya pun gak tau apa
Operating Systemnya, tapi ada vi.

Dari kasus itu, saya akhirnya memutuskan untuk editor lebih aman pake vi.
Karena kita gak tau kalau sewaktu waktu kita harus remote system server yang
tidak diketahui identitas operating systemnya.

Sewaktu melakukan training, saya juga lihat di modul - modulnya selalu diajari
untuk memperdalam editor dengan vi. Ya mungkin memang seharusnya kita
memperdalam tools standard UNIX yang umum dipakai.

- Rio.Martin -