raja semut wrote:
dear all,

Server qmail saya sangat lambat dalam hal merespon request yang ada.
saya coba telnet ke server port 25 dan 110 melalui jaringan lokal (LAN),
server qmail bisa memberikan respon diatas 30 detik.
tetapi jika langsung telnet ke localhost responnya cukup cepat.

mohon pencerahan dari rekan-rekan semua, apa ada yang salah dengan server qmail saya ya ?
saya menggunakan FC4 dan qmail.
Kemungkinan besar masalah name resolving/DNS. Set dns dgn benar atau set qmail-smtpd agar tdk melakukan dns lookup.

--beast