Ngikut bagi pengalaman :
Komputer kantor (duron 950, mem 384mb share vga 8 mb)
Fodora Core6 : Lumayan, agak berat tapi OK (buat melatih kesabaran), semua hardware dikenali
Sebelum FC 6 pernah pakai :
- Mandriva 2007(?) cd bonus IL : aga berat, suka close sendiri pada beberapa aplikasi - Kubuntu : lumayan berat, bikin bingung karena ga biasa pake Debian dan turunannya
- Freespire : bagus tampilannya tapi bikin berat

Komputer rumah (Athlon 64 3000+, mem 1Gb, vga GF6600 256mb). Kalo yang ini ndak binun milih distro, saya pake OpenSuse 10.2 lancar jaya, semua hardware dikenali.

Dari dulu saya pake AMD, so ndak ada masalah proc, karena pada dasarnya proc ga beda (x86)....

Gatra Wikan wrote:
saya rasa kalu amd yang kompatibel dengan x86 macam duron atau athlon
gak ngaruh sih.kalau macet deteksi hardware berarti kontroler hardware
atau chipsetnya yang belum cocok.so jangan langsung nyalahin
prosesornya.

Pada tanggal 14/04/07, hadi sumarsono <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Pada Fri, 13 Apr 2007 17:12:54 +0700
Linux Gaul <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> Ada Banyak Distro Yang menyertakan Desktop untuk linux
> untuk di pertimbangkan sebelumnya adalah
> Kebutuhan Penggunaan desktop ini untuk apa saja ?
> office, multimedia, atau hanya sebagai buat maenan iseng/hobby
> Sebagai Gambaran Gwe pake PC dengan Spek AMD Athlon 2500+  Memory 512
> MB HD 40 GB
> Distro Yang gwe coba Pake Desktop Manager
> Fedora ( Dulunya Redhat ) -------> Beurat Pisan  ini itu nya lama
> desktop nya KDE
> Suse 9.3 -----> Lumayan Gak Terlalu berat  desktop nya KDE
> Ubuntu ---- > Nikmat Banget
> [...]

Yang jadi catatan saya (sekedar pengalaman) berbau teknis.
Kalo kernel di-optimasi untuk Intel Pentium maka install di AMD
rada "aneh", karena beberapa "jeroan" tidak dikenali dgn baik.

Contoh Distro yg sdh sempat jajal (Kompie-ku "lawas" AMD-Duron 850,
Ram 256Mb, Chipset Sis 960, HDD 20 Gb) dan menunjukkan keanehan
adalah:

1)RedHat-Linux 9.0     (berat nian, tapi blm coba kernel non-bigmem
                dan matikan segala service yg tdk perlu)
2)Lorma-Linux 5.0     (cuma bisa install tapi nggak pernah muncul
                login-nya karena macet deteksi usb port-nya)
3)Suse-Live-Eval 9.1    (macet deteksi usb dan acpi-nya, harus di-bypass
                via kernel parameter)

Ehm, catatan ini jelas bukan untuk mencibir distro tsb. Hanya saja mungkin
perangkat keras yg ku-punya yg nggak cocok. Jadi ya coba-in aja yg pas
dgn hardware dan kebutuhan kita (yg pake AMD musti tanya2-lah sama
senior nih ?8) -apalagi yg sdh diperingatkan lebih dulu via situsnya,
macam Pinux ... Intel Processor Optimized-

CMIIW
--
?8)~ KiosNet LiPI Comal-Pemalang
Linux Registered User #430927