On Fri, May 11, 2007 at 04:58:03PM +0700, doby nurcahyo wrote:
> Untuk koneksi sih 1giga pake indosat hotspot.
>
> menurut saya sih kalau masalah koneksi mungkin juga kurang pas sih..
> karna Kalau koneksi lemot mungkin browser masih jalankan tapi lama
> banget dan statusnya masih 'transfering', ini malah sama sekali ga ada
> respon dari internet aliat 'looking up' (thunderbird).
>
> Yang saya heran nih ping ke server firewall linux dari client
> 'terkadang' timeout lalu browse www juga gitu 'terkadang' cannot be
> displayed, tapi pas waktu itu juga client donlod(flashget) file masih
> jalan terus dan ga ada hambatan sama sekali alias koneksi masih jalan.

> [...]

Well, itu diskusi tahun 1997 waktu linux masih balita :-).
Sekarang tentu dah beda. Sayang pengalaman praktis saya di linux
hanya untuk client maksimal 20-an. Agar proxy squid bisa kencang
kudu punya infrastruktur yg bagus misal configure ulang squid
dg option tertentu, pakai filesystem ext2 untuk cache squid,
naikkan file descriptor untuk proses squid, dll. Jadi mungkin di
linux banyak main tuning, sedangkan di freebsd squidnya sudah
dioptimasi, tinggal terima beres :-)

Coba anda baca2 forum.linux.or.id bagian optimasi squid/proxy server.

--

Terimakasih sebelumnya.

Salam,

~~ Arief Yudhawarman ~~