duren duren wrote:
> Abis konfigurasi squid 2.6 untuk berjalan dalam mode
> transparant, ketika dilihat access.log nya kok ada
> TCP_MISS, maksudnya TCP_MISS itu apakah client di
> tolak mengakses squid??

Bukan, tapi objek yang diminta tidak ada dalam cache squid, sehingga
musti diambil dari website aslinya.

> dan yang lebih aneh lagi selama 1/2 jam aku liatin log
> access.log kok yang ada di access.log cuma user
> 192.168.50.10 aja yang ada di access.log padahal dalam
> waktu yang bersamaan user lain juga melakukan akses ke
> internet??

Apa ada NAT? Kalau iptables yang aktif anda sertakan di sini, mungkin
teman-teman yang lain bisa lebih banyak membantu :)

> trus disitu juga ada tulisan DIRECT/68.178.159.124
> pada lognya, berarti squid ku ga berfungsi sebagaimana
> mestinya dong? klo direct berarti kan user tetap akses
> ke internet tanpa lewat squid??

Tidak juga. Pengguna tetap menggunakan squid. Kalau tidak menggunakan
squid, maka access.log anda tidak akan berisi tulisan apa-apa. DIRECT
ini maksudnya squid mengakses langsung ke webserver dengan IP 68.xxx
itu, dan bukan lewat peer-cache.

Omong-omong, yang anda tanyakan ini sudah terangkum dalam FAQ-6 squid.
Itu artinya, memang pertanyaan sejenis ini banyak ditanyakan oleh para
pengguna squid. Ada baiknya anda baca FAQ itu dulu sebelum nanti lebih
kaget lagi ketika menemukan kata-kata yang lebih lucu seperti
SINGLE_PARENT, PARENT_HIT, dan sebagainya :)

--
Kamas Muhammad