--- Agustinus Nugroho <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> ditempat saya ada komputer yang dipasang internet
> kabel. dan dapat ip
> dynamis.
> rencananya itu komputer mau dipake sebagai internet
> server, dengan 2
> card nic. satu untuk ke internet dan satu lg ke ip
> client
>
> mohon pencerahannya donk gimana cara nyambungin 2
> nic itu supaya client
> jg bisa pake internet dan ftp
>
> salam

eth1 nya dapat IP dari DHCP ya (bukan model PPPoE
gitu)?
klo pake nic biasa (berarti eth0 & eth1) kn tinggal
aktifin ip_forwarding pada komputer server trus sama
masquerade nya

kira-kira seperti ini kali ya:
# echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

# /sbin/iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -s
192.168.1.0/24 -j MASQUERADE

dengan asumsi eth0 terhubung ke internet dan eth1 ke
LAN dan Network IP nya 192.168.1.0/24

abis itu jangan lupa restart network interface nya,
klo di Ubuntu
# /etc/init.d/networking restart

setting deh client nya dengan ip gateway nya ip server
dan dns server nya di isi dns server dari ISP

klo mo lebih bagus lagi mungkin bisa install DNS
caching pake BIND/DNSMASQ trus bisa install SQUID buat
proxy dan install Banjar buat mengatur bandwith
management nya :p

CMIIW