On Fri, Jun 22, 2007 at 06:27:55AM -0700, duren duren wrote:

> Pak klo pake script perl nya tersebut berarti harus di
> pantengin trus ya monitoring bandwit nya (pake iftop
> ya buat liat nya?? )

Biasanya operator di warnet jalankan iftop. Dari situ bisa keliatan
pembagian bandwidth secara merata. Jika ada user yg komplain atau
operator saat browsing merasakan kok lelet, liat iftop setelah
dicek dg seksama terlihat ada penguasaan bandwidth (shapenya sih
jalan) dr ip tertentu, langsung dia jalankan bw manager tsb.
Untuk user yg nakal tsb shapenya bisa diatur sampai kapan atau
berapa lama.

> trus bagi dong script perl nya, aku ga bisa perl sama
> sekali :-)
>
> Permasalahan aku sih klo download user pake browser
> (ga pake accelerator) bandwith nya lancar2 aja, begitu
> ada yang pake accelerator mulai deh ngaco.

Hm, kalau ini sih urusan kerjaan.
Kalau memang bisa menguntungkan untuk user2 di sana, kenapa anda
tidak sewa jasa saya :-), japri.

Soalnya script tsb tidak berdiri sendiri :

1. Buat script htb seperti biasa
2. Aktifkan partisi /dev/shm
3. Buat file2 kontrol di /dev/shm
4. dll ...