-----Original Message-----
From: hadi sumarsono [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, September 04, 2007 07:46
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: Re: [tanya-jawab] Restrict USB Flash

Pada Mon, 3 Sep 2007 01:15:32 +0700
"Iwan Prasetyo" <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> Dear rekan2,
>
> Saya pakai Mandriva 2007 spring. Bagaimana cara restrict USB Flash
> agar bila dicolokkan tidak bisa langsung mount atau perlu password
> tertentu?
>
> Hal ini diperlukan untuk mencegah PC di client bisa dengan mudah
> dimasuki USB baik untuk kepentingan R maupun W.
>
> TIA
> -Iwan P-

Lha ini dia yg malah kebalik kalo di Slackware.

Sampe versi 11 di Distro ini yg namanya USB Flash langsung 'nongol' tuh
emang ga ada (malah kebanyakan newbie yg belajar slacky -termasuk saya-
biasanya nuntut fasilitas gini).

Sepertinya sih kalo pake HAL-daemon -yg lengkap- termasuk fstab-sync,
caranya step :
1).Pastikan anda menggunakan filesystem ext2
   (filesystem lain masih belum tahu caranya)

2).Manual edit /etc/fstab (sila gunakan vi atau mc)

3).Buat tautan direktori /mnt/usbdisk beserta /dev -nya
   (umumnya sih /dev/sda1, kecuali menggunakan cakram
   keras SATA, bisa pindah di posisi lain, coba cek dulu ....)

4).Pastikan baris berikut pada /etc/fstab (setelah langkah ke-3) :
   /dev/sda1  /mnt/usbdisk  vfat  noauto,users   0  0

   -Mau pake password root ? Pastikan ganti dgn root ...
   /dev/sda1  /mnt/usbdisk  vfat  noauto,owner   0  0

5).Lakukan perintah sbg root #chattr +i /etc/fstab

Oke, beres dah. Tapi .......... jgn harap ada automount lagi ya ?8)
--

Wah thx ya pak:) Saya langsung cobain skrg:)

-Iwan P-