On 21/09/2007, Tukang Internet <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Om ronny,
> bukannya maildir itu udah one to one.
> one email = one file.
>
> file (email) ybs bisa langsung di akses
> secara langsung di maildir.

Memang kelihatannya sederhana. Cuma seringnya kita lupa atau belum tau
secara penuh specnya trus udah banyak asumsi. Ini ngomongin secara
umum, bukan cuma maildir. Saya cuma bilang spec itu kadang lebih
kompleks dr apa yg kelihatan. Specnya bukan cuma menyebutkan di mana
harus meletakkan emailnya, tapi juga penamaan direktori, penamaan
files, kapan boleh memindahkan file, dst. yg mungkin gak bisa diinget
satu2 tiap kali mau memanipulasi email di maildir.

Ya mungkin 999 dari 1000 kali tidak ada masalah. Tapi pas 1x yg ada yg
ga beres, dan pas ternyata penting, jadinya bisa bikin bete.

Kalo mau nekat, minimal bikin backup dulu.

Kalo email2nya tidak penting atau kalo anda tidak peduli kemungkinan
ada email yg hilang ya silakan dihajar aja langsung, hehe. Buat saya
email2 yg saya simpan itu biasanya penting. Jadi saya lebih hati2.
Kalo sudah ada software yg mengimplementasikan maildir support secara
baik (mengikuti spec) tanpa saya harus kuatir ada yg kelupaan dr spec,
kenapa gak saya pake itu aja?

> paling jika main pindah/remove file
> yg terganggu hitungan quota-maildir.

Ya itu baru satu hal.