Arman ..

itu referensinya gak pake URL URL an .. :))
murni dari kepala gue doank .. he he he
Kalau emang seneng mikrotik, disitu kan ada layer7filtering kalau elo
pake yang versi 3.xx

Tinggal atur atur aja koq di bagian pertamanya adalah penerapan berapa
% bandwidth yang bisa kepake buat port browsing, berapa persen untuk
IM kayak Yahoo, ICQ, dll, berapa persen untuk VOIP. Sisanya kalau gue
sih 1% buat port yang lain - lain, jadi dianggap peer2peer sisanya
makan 1% bandwidth itu .. he he he :p

Kalau seneng Linux sebenarnya lebih mudah lagi mikirnya, karena lebih
luwes. Sampai sekarang masih ada 1 node gue pake Linux Slackware 12,
murni mainin sistem bandwidth shapernya pake HTB + IPtables marking
doank. Cuma dua itu aja :))

- Rio.Martin -