On Sat, Jan 12, 2008 at 11:53:24AM +0800, Adi Nugroho wrote:
> Apakah upgrade processor menolong?
> Seberapa tinggi upgrade processor untuk menurunkan software interupt let say
> dari 30% ke 1%?
> tentu tidak 30 x lipat bukan? Tapi itung itungannya bagaimana?

kalau untuk network, 1 processor per device (ethernet). tapi itu
kalau jumlah interrupt (pps) sangat tinggi. sekarang ini, setidaknya
untuk linux, performance network diarahkan untuk memanfaatkan multiple
cpu (multiple cores). kalau menurut saya, utilisasi CPU sampai 60%
(untuk router) itu sebenarnya masih normal, biasanya kita sudah
terbentur di sisi yang lain, sebelum sampai ke sini. kalau sistem
kita menggunakan multicore/multiprocessor, disable irq balance di
kernel.

ada yang pernah coba X16 dari movidis.com ? 16 cores, 8x1GigE cuman 20watt
hi..hi.. harganya berapa ya, kalau benar spec seperti yang disebut,
router-router mahal yang ada di indonesia itu tidak ada apa-apanya :D
(ini kalau harga movidis tidak mahal :-)

Salam,

P.Y. Adi Prasaja