Pada tanggal 28/01/08, romy budhi <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
> Minta bantuan, bgmana meng-install open office di
> Edubuntu?

Mudah-mudahan ini yang dimaksud. Kalau bukan, ya...maaf yah. Ini
tulisan aku copy paste dari 'buku harianku". Silahkan;

==begin of copypaste===

Kembali ke 'laptop'. Ubuntu sudah ada paket openofficenya. Tapi
rasanya kita gak puas kalau misalnya diluaran sudah keluar oo versi
terbaru sementara kita masih pake versi yg lama. Terasa 'katro',
'ndeso'. So...kita mau install oo versi agak baruan di ubuntu. Gampang
aja, kan? Cari di synaptic atau repository ubuntu? Tidak semudah itu.
Aku gak tau juga apa alasannya ubuntu tidak menyertakan update oo di
repositoriya, IMHO. Jadi gimana dong kalau ita pengen install oo versi
lebih baru? Ikuti tutorial berikut;

Install openoffice

pertama
Tentu saja download dulu file instalasi oo. Di websitenya oo hanya
menyediakan yg formatnya rpm yg dikompres dlm bentuk tar.gz. Gak
apa-apa download aja yg rpm itu.

Kedua
Xtract file instalasi oo tsb. Didalamnya akan ditemukan beberapa
folder dan file2. Tercatat ada folder licences, readmes, dan rpms.
Simpan hasil xtracnya misalnya di ~/Desktop/oo4deb

Kegita
Sekarang masuk ke folder ~/Desktop/oo4deb. Ubah file2 berformat rpm
menjadi file deb. Caranya;
code
sudo alien --script --keep-version -d *.rpm
Proses ini akan makan waktu lumayan. Tergantung kualitas mesin.
Mungkin antara 5 s/d 10 menit. Pastikan program alien sudah diinstall.
Kalau belum ya...kudu install dulu sebelum menjalankan perintah
diatas.

keempat
Sekarang oo sudah bisa diinstall. Kodenya;
sudo dpkg -i *.deb
(pake 'wild card' karena file deb yg mau diinstall banyak banget. Cape
kalau install satu-satu).

kelima
Setelah terinstall masih ada satu langkah lagi supaya menu oo muncul
di main menu dibawah category office. Masuk ke folder
~/Desktop/oo4deb/RPMS/desktop-integration. Install program deb yg ada
disitu. Supaya cepet, gak usah ngetik banyak, pake 'wildcard' aja;
sudo dpkg -i.deb

Selesai. Kayaknya cuman itu dowang langkah-langkahnya. Langkah ini
berhasil baik di ubuntu gue yg masih pake breezy. OO yg diinstall
kalau gak salah versi 2.0.xxx sedangkan versi bawaan breezy versi
1.9.xxx.

Oh, iya. Sebagai informasi aja. Hasil installan oo secara manual ini
disimpan di folder /opt/openoffice......... Informasi laiinya kalau
versi lamanya mau di unistall, uninstall sebelum install versi baru.
Tapi jangan maen uninstall begitu saja. Ada kode-kode khusus yg
panjang. Aku sendiri blm pernah nyobain. Mungkin bisa cek langsng di
www.ubuntuforums.org

--
Wasalam,
Durahman