From: Popo [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, June 26, 2008 10:37 AM
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: [tanya-jawab] Membatasi Bandwidth untuk Kirim Email di Postfix

Milis,
Ada cara nggak di postfix supaya email yang dikirim tidak memenuhi bandwidth
jaringan ? karena setiap ada kiriman file baik besar atau kecil selalu
memenuhi bandwidth dan mengacaukan koneksi lain terutama untuk SAP.

Aku dapat dari
http://linux.derkeiler.com/Mailing-Lists/Fedora/2005-11/1626.html kutipan
sbb :

The best solution is probably traffic shaping *on the router* that will
prioritise other traffic over outbound SMTP. That isn't always
available.

Yang ini aku belum coba, karena aku harus bikin router lagi :)

As a "next best solution", I've found that limiting concurrent outbound
connections [1] makes MTAs co-exist much better with other network
services. I usually try three or four, and modify from there.

As far as I can tell, you can do this in Postfix by editing
/etc/postfix/master.cf, and changing
smtp unix - - n - - smtp
to something like
smtp unix - - n 4 - smtp

Note that with only one or two outbound connections, you can be slowed
down by bottlenecks elsewhere on the Internet, or if you are unfortunate
enough to connect to a misconfigured teergrube
(http://catb.org/~esr/jargon/html/T/teergrube.html).

kalo yang ini maksudnya bagaimana ya ? sudah ada yang pernah coba ? mungkin
karena bahasa inggris ku masih lipet2 :D, btw ada yng sdh pernah coba ?
mohon sharingnya, terima kasih sebelum dan sesudahnya.

salam,
~popo.