From: Masim "Vavai" Sugianto [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, July 08, 2008 6:38 PM
To: tanya-jawab@linux.or.id
Subject: Re: [tanya-jawab] install and configuring server

Halo pak,

2008/7/8 sutrisno kencana <[EMAIL PROTECTED]>:
> halo semua...
>
> ada yang bisa sharing pengalaman dan ilmunya dalam linux?terutama
> dalam instalasi dan konfigurasi server untuk jaringan.
>
> saat ini, saya masih bingung mau pakai fedora atau opensuse karena
> saya tidak menemukan alasan dan informasi yang secara pasti menjawab
> kapan harus pakai fedora dan kapan pakai opensuse. tapi yang pasti,
> teman-teman saya banyak menyebutkan 2 distribusi itu.

Secara prinsip, bapak memilih distro apapun tak ada masalah karena
kita semua Bhineka Tunggal Kernel, Berbeda distro tapi satu kernel :
Linux :-)

Kalau bapak hendak pakai openSUSE, saya bisa jamin bapak akan
disupport penuh oleh Komunitas openSUSE Indonesia
(http://www.opensuse.or.id).

Untuk panduan/tutorial yang bapak inginkan, bisa ditemukan disini :
http://opensuse.or.id/panduan. Jika bapak butuh bantuan online, ada
rekan-rekan dari bagian online support openSUSE-ID yang bisa membantu,
atau bisa via forum dan juga milisnya.

Apa yang bapak sampaikan mestinya sudah tercover pada link diatas.
Jika ada kesulitan saat melakukan implementasinya, silakan posting
kemilis tanya-jawab ini atau ke milis openSUSE.

Jika bapak pakai Fedora, rekan-rekan dari Fedora Indonesia juga bisa
membantu. Kebetulan rekan saya Ibunk aktif di Fedora Indonesia, jadi
bapak bisa memilih distro yang sesuai dengan yang bapak inginkan.

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
Blog (ID) : http://www.vavai.com/blog/index.php