2008/8/7 AndiSugandi™ <[EMAIL PROTECTED]>:
> On Thu, Aug 7, 2008 at 4:33 PM, m Ilhami <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
> Terima kasih atas masukannya,

> Ini chipset-nya port serial di mainboard komputer server tersebut ya?
> atau chipset microcontroller-nya?
Chipset microcontrollernya. Chip nya tersambung lewat RS232? anda bisa
belajar linux serial programming. Biasanya device nya bisa diakses
lewat /dev/ttyS0.

> That's the point. Replacing VB for ever.. =))

> Begini kira-kira skemanya ya?
>
> Qt-Based Aplication Client-->>--ComputerNetwork-->>--Qt-based
> Aplication Server--Driver--Serial Port--Microcontroller(+Bahasa
> Rakitan)--Lampu
>
> Aplikasi server Qt-based yang bisa meneruskan perintah komputer client
> ke microcontroller (via serial port)  tersebut sudah ada semacam modul
> dasarnya (dari Qt) apa belum ya? Atau harus build dari nol juga?
Qt itu basisnya KDE, library untuk membuat widget (window, button,
input box dsb).
Anda bisa menggunakan fungsi-fungsi di kernel.h atau termios.h untuk
mengakses langsung ke perangkat

> Sumber bacaan untuk hal ini?
Buku linux kernel programming / device driver, linux serial howto,
UNIX network programming

> Untuk hal ini juga mestinya sudah ada fasilitas (module?) Qt yang siap
> dimodifikasi ya?
pakai unix network functions ( bind, socket, accept, read, write dsb).
Ada di buku UNIX network programming.