Saya mengalami hal aneh, postfix di server saya hanya deliver pada
jam2 tertentu yaitu sekitar pukul 8, 10, 12, 14, dst. sedangkan pada
jam2 ganjil 7, 9, 11, dst selalu banyak queue, terutama dengan
message:
(conversation with 127.0.0.1[127.0.0.1] timed out while receiving the
initial server greeting)
jadi kalau dilihat di grafik mailgraph kelihatan seperti naik turun
gunung secara teratur. Maaf tidak bisa attach isi main.cf dan
master.cf karena error terus gmail-nya. Kurang lebih begini: saya
menggunakan content-filter ke amavisd-new dengan spamassassin dan
clamav.
Ada yang bisa bantu?

Justinus