----- Original Message ----- From: "rasyid" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Wednesday, December 10, 2008 7:58 AM
Subject: [tanya-jawab] command + dan : di linux

Dear rekan-rekan milist,

Saya membaca step instalasi ubuntu 8.04 dekstop dan disitu tertulis
antara lain:
1.Tambahkan di /etc/passwd ---> +:::::/data:
2.Tambahkan di /etc/group  ---> +:::
3.Tambahkan di /etc/shadow ---> +::::::::

Saya belum faham maksud perintah + dan : diatas sebagai apa,
saya coba googling tapi belum mendapatkan jawaban.Mungkin rekan2 bisa
bantu memberikan pemahaman saya.

Untuk penggunaan umum, /etc/passwd, /etc/group dan /etc/shadow tidak diproses secara manual tapi menggunakan tools yaitu useradd, userdel, mkpasswd, dan lain-lain. Lihat "man useradd" atau manpage sejenis.

Informasi tentang entri di masing-masing file dapat diperoleh dari "man /etc/passwd", "man /etc/group", atau "man /etc/shadow". Penjelasan tentang arti tanda "+" atau ":" ada di manpage tersebut.

HTH

Rizky