2009/1/21 Nyoman Diartha <nyo...@royalperspective.com>:
> Sejak kemarin HDD SCSI saya berulah
> Tiba2 hang dan begitu restart Ubuntu HH saya ga bisa booting, keluar error
> inconsisten filesystem....
>
> Di suruh menjalankan fsck manualy
> Akhirnya saya booting pakai Live CD dan menjalankan fsck -y /dev/sda1 -
> /dev/sda5, dan terlihat semua partisi ada masalah.
> Setelah itu boot dari HDD normal lagi, dan beberapa lama hang lagi, hal
> ini sempat terjadi sampai 3 kali, sempat sampai install/format ulang pula
>
> Dan pagi ini ketika nyampe kantor ternyata masalah yang sama muncul lagi :(
> [...]

Maaf, ini mungkin OOT share pengalaman sendiri...

Pada suatu hari, saya pernah mengalami hal yang serupa.
Entah karena mengapa, partisi disknya berantakan
dalam arti jumlah total silinder/track berubah total!!!

Kebetulan(!) saya punya salinan bentuk partisi aslinya.
Yang saya lakukan, boot dari CDROM seperti mau install
ulang. Namun hanya sampai setup partisi disk.

Setelah itu saya boot ulang, kebetulan disknya selamat lagi.

--
Raja Ali M.I. Ilias, Bengkalis, https://wiki.ubuntu.com/AliMilis
Counted GNU/Linux Engineer # 405138 - http://counter.li.org/