Temukan hal menarik & penuh cerita di http://indracyd.wordpress.com

----- Original Message ----
From: Lutfi <lutfi.a...@gmail.com>
To: tanya-jawab@linux.or.id
Sent: Saturday, March 7, 2009 9:13:50 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] cara memonitor perubahan dalam suatu direktori?

2009/3/6 rudy gunawan <rdgun2...@yahoo.com>:

> Halo mau tanya,
>
> adakah command untuk memonitor perubahan suatu direktori atau suatu file di
> direktori tertentu? mirip kalo kita pake tail -f untuk menampilkan ekor isi
> suatu file dengan diikuti perubahannya. Tujuan saya sebenarnya mau buat skrip
> atau program untuk backup incremental yang tidak berdasarkan waktu tapi
> berdasarkan perubahan masing-masing file, jadi bisa mirip yang di server
> Novell Netware.

Coba pake "incron"
Incron adalah inotify cron. Alias cron yg bukan berdasarkan waktu.
Melainkan berdasar event

Ubuntu udah  ready incron di reponya. Utk detail pemakainnya bs liat:
http://inotify.aiken.cz

saya baca2x lieur, baca2x sampai akhirnya menemukan inotify-tools tapi masih
lieur juga, gimana yah step by stepnya?

apakah harus membuat script dahulu misalkan event yang akan dibuat hanya file
didelete saja yang hendak dicek, nah reportnya sendiri nanti dalam bentuk apa
ya?maklum deh masih belum "ngeuh" sama teknologi ini

Salam,
Cyd

Goodluck

--