- Cygnus - wrote:
> Sekedar gambaran, saya juga pernah pakai mdadm untuk RAID 1 di Centos 5.2
> menggunakan HDD SATA.
Awal semua running well, tapi tiba2 saja suatu hari RAID partitionnya degraded,
dan yang anehnya yang
degraded itu tidak dari satu HDD tapi partisi dari hardisk yang lain.
 Walhasil system jadi kacau balau dan baru jalan normal setelah direstart, dan
ini berlangsung beberapa kali
secara acak, dan sampai sekarang saya masih belum menemukan penyebab pastinya.
Jadi pesan saya adalah
hati2 menggunakan RAID software untuk production. (Lucunya saya punya server
lain tapi beda merk dan beda SATA controller,
dan mdadm nya running smooth).

Saya juga pernah mengalami beberapa kegagalan dengan software raid.
Waktu itu saya menggunakan Harddrive IDE. Salah satu komponen penyusun RAID
ngacau! Setelah dpartisi ulang dan dilakukan proses sync, baru bisa normal lagi!
Kasus yang kedua saya install ulang, dengan pola software RAID yang sama. Tidak
ada komplain sampai sekarang.
Kesimpulan saya, mungkin memang di versi-versi akhir software RAID semakin
stabil.

--
Salman AS
s...@fasa.web.id