ya...?mohon masukannya lagi ya... makasih
From: "Muhammad Muntaza" <m.munta...@gmail.com>
Kalau saya lebih suka bagi 4 :
"/boot" = 100 mb
"/" = 10 GB (bisa dikurangi)
"/swap" =  2 kali ram
"/home" = semua sisa hdd yang ada

"/root" tidak perlua dibuat partisi sendiri karena memang tidak dirancang untuk menyimpan data, kala pun ingin menyimpan data anda bisa bikin folder di "/home" dengan owner root yang hanya bisa diakses root.

/ 10 gb tidak perlu merasa kekurangan karena semua data yang umum disimpan di "/" semisal /var/www, /var/lib/mysql, /var/mail, /opt/zimbra dll kalau ternyata memakan tempat bisa dikonfigurasi agar data2 yang ada disitu disimpan di folder2 yang kita pilih di "/home" atau kalau mau lebih sederhana anda bisa move seluruh folder yang selalu cenderung membengkan spt saya sebut di atas ke "/home" kemudian dibuat symbolic link ke folder asalnya berada. Dengan demikian perubahan pembengkakan besarnya file yang ada di folder2 tadi tidak menyebabkan berkurangnya partisi "/", semua pembengkakan hanya akan mengurangi partisi /home
Sekedar saran:
/ 1 gb
/usr 20 gb
/opt 2 gb