Pada Mon, 6 Jul 2009 14:07:18 -0400
Taufiq Luthfi <taufiq.lut...@gmail.com> menulis:

> Salam
>
> sebelumnya mohon maap, keseringan tanya... :)
>
> di kantor ada 2 mesin linux, yg harus berbagi file. saya sudah
> mensetting nfs dan portmap, di kedua buah mesin. mesin yg satu
> adalah ubuntu 9.04 sedangkan yg lain zenwalk (lupa versinya).
>
> masalah ada di ubuntu 9.04, dimana port yg dipergunakan oleh mountd
> dan lockd selalu berubah-ubah. padahal saya sudah menetapkan rule
> di mesin zenwalk yang hanya mengijinkan koneksi ke port yg telah
> ditentukan (whitelist). jadi setiap kali ingin mengakses nfs-server
> [...]

Lho ....
Setahu saya sih membagi folder via nfs hanya butuh ip saja.
Dari kompie yg berbagi cukup di-export sedangkan kompie yg
ingin bagian cukup di-mount. Kenapa harus di iptables yah?

Kalo memang musti di-firewall, bukankah lebih aman via ftp?
Port nfs memang berubah-ubah, tidak semuanya bisa di-set
supaya tetap pada port tertentu.

Asalkan hanya ip tertentu saja yg bisa berhubungan, apakah
itu tdk cukup aman (haruskah di-barengi dgn iptables)?
CMIIW ...

--
"Yok Pake Slackware-Linux" di KiosNet LiPiNuX Comal-Pemalang
Linux Registered User #430927