sebelumnya maaf jika sudah di tanyakan sebelumnya
mohon bantuan teman-teman semuanya,
saya sedang setting postfix dimana nanti akan di gunakan oleh pihak
luar, setting TLS dan SASLnya sudah jalan di lognya jika clientnya mau
akses keluar di lognya :

Jul 21 13:55:37 ns-1 postfix/smtpd[28916]: connect from unknown[xxx.xxx.x.xxx]
Jul 21 13:55:37 ns-1 postfix/smtpd[28916]: setting up TLS connection
from unknown[xxx.xxx.x.xxx]
Jul 21 13:55:37 ns-1 postfix/smtpd[28916]: TLS connection established
from unknown[xxx.xxx.x.xxx]: TLSv1 with cipher RC4-MD5 (128/128 bits)

log ini keluar jika melakukan pengiriman email menggunakan outlook,
dan jika saya menggunakan telnet ke mail server saya dari jaringan
lokal maka akan tampil

250-ns-1.kantor.com
250-PIPELINING
250-SIZE 10240000
250-VRFY
250-ETRN
250-STARTTLS
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN
sedangkan jika saya menggunakan ip publik hasil telnetnya adalah

220 ns-1.kantor.com ESMTP Postfix
ehlo kantor.com
250-ns-1.kantor.com
250-PIPELINING
250-SIZE 10240000
250-VRFY
250-ETRN
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN
STARTTLS-nya tidak ada, saya coba kirim email via telnet menggunakan
account yang tidak ada ke account ada bisa, saya kuatir mail server
saya jadi openrelay. Karena mail server ini akan di gunakan oleh pihak
luar maka pada setting mynetworks saya set mynetworks = 0.0.0.0/0
dengan pengertian di saya adalah jika user tidak dikenali maka tidak
bisa menggunakan SMTPnya, kira2 apa setting authentikasi SMTP saya
salah atau ada yang kurang

--
Regards
Samuel Sappa,