2009/8/14 Yuda Nugrahadi <nugrah...@gmail.com>:
> Pada 14 Agustus 2009 09:54, Rizky Prasetya<noacco...@rea-prasetya.net>

> memang betul, tapi kalau prosesornya 64bit dan yang diinstall adalah
> distro dengan arsitektur 32bit maka kernelnya akan tetap kernel 32bit

ya,  saya setuju, untuk memory terpasang lebih dari 4 GB _dan_
processor terpasang 64 bit.
Jawaban saya di atas adalah untuk memperbaiki statement anda bahwa
ketika memory lebih dari 4GB maka menyarankan untuk menggunakan kernel
64 bit (32 bit + PAE anda rasa tidak optimal) which is wrong tanpa
mengganti processor ke 64 bit (atau processor terpasang telah 64 bit).

Sampai sini saya rasa kita sepakat ;-)

> malah lebih bagus tambah ram daripada tambah swap, karena sebetulnya
> kecepatan akses dari ram lebih cepat dibanding dari harddisk. CMIIW

Totally agree, hehehe.
Kalau dibanding troughput antara disk dan modul memory, ya, disk jauh
lebih lambat. Kalau salah satu opsinya adalah nambah memory module,
tentu itu yang terbaik.

tapi di sini kita diskusi lebih jauh tentang manajemen memory.

Ga perlu semua di 'load' ke physical memory, kalau ada beberapa
(loadable module atau) binary, yang jarang diakses, bisa disimpan
(sementara) ke disk, dan bagian memory yang disediakan bisa
dipergunakan untuk keperluan lain yang berguna untuk meningkatkan
performa (untuk keperluan cache, misalnya), maka besaran swap akan
berguna.

Ngetestnya gampang, sok atuh bikin system 2 biji, masing-masing memory
512 MB, satu pake swap, satu ga pake swap (atau swap kecil), trus
benchmark. Kalau mau top, benchmark webserver dengan banyak request
per detik. kalau ga kerasa bedanya, saya jajanin starbuck ;-)

Disclaimer: besaran swap mungkin berpengaruh banyak, mungkin tidak,
kalau sudah punya swap 8 GB (which is big for majority systems), trus
ditambah 1 GB lagi, mungkin buat beberapa system ga ngefek.

My 2 Cents,

Rizky