2009/8/18 Debi Praharadika <blacknaml.la...@gmail.com>:

> Ok ...
> Spesikasi asterisk tanpa virtualisasi:
> * Super Micro AMD64  * AMD64 4000+ CPU * 4 Gigs of non ECC ram * 80 Gb SATA
> hard drive
> Pada server akan kami pasang 2 server asterisk.
>
> Tetapi bagaimana kita bisa mengetahui bahwa server yang akan kami beli
> mendukung virtualization?

http://en.wikipedia.org/wiki/X86_virtualization#Software_using_AMD-V_and.2For_Intel_VT

Bergantung dari tipe software virtualisasi yang dipakai.
Selama ini saya memakai coLinux, QEMU, VirtualBox, maupun VMWare di atas laptop
yang CPUnya tidak memiliki fitur khusus virtualisasi (AMD-V atau Intel
VT). Kalau anda
pakai KVM, maka CPU harus support salah satu dari AMD-V atau Intel VT.

Perlu diperhatikan juga tipe software virtualisasi yang bisa
menjalankan host 64-bit
agar 2 x guest anda yang masing-masing perlu 4 GB RAM bisa berjalan lancar.

Kesimpulan sementara saya, anda perlu spek server dengan CPU 'apapun', minimum
2 core atau 2 prosesor single core, motherboard support RAM 8 GB atau lebih,
software host bisa pakai VirtualBox. Pasang distro yang punya varian
x86_64 (misal Ubuntu AMD64) di host.

--
andika