Wa'alaikumsalam,

Pak Afiadi,

Sebelum melangkah ke ICS,  apakah ubuntu bapak yang terkoneksi modem sudah
dapat connect ke telkomsel flash? Jika sudah, mungkin kita dapat melakukan
langkah berikutnya.

Jika saya perhatikan konfigurasi bapak untuk di file interface,resolv.conf dan
rc.local sudah ok. Jadi mungkin yang dicoba troubleshoot adalah pada
konfigurasi LAN-nya.

pada email bapak, tertulis dari notebook maupun ubuntu router tidak dapat
melakukan ping (baik melalui wired connection ataupun wireless connection).
Agar dapat melokalisasi masalah yang ditimbulkan ada baiknya kita test wired
connection dulu hingga berhasil atau wireless terlebih dulu. Karena bila
dilakukan secara bersamaan kadang kita suka bingung :)

Pada konfigurasi yang bapak sampaikan, di bagian dhcp tertulis "option router
192.168.0.5" dimana IP tersebut adalah milik wireless lan. Menurut saya akan
lebih baik jika kita pisahkan subnet untuk wireless dan wired. Misal untuk
wired kita gunakan subnet 192.168.0.x sedangkan untuk wireless menggunakan
192.168.1.x. Sehingga pada setingan dhcp nantinya terdapat 2 konfigurasi untuk
wired dan wireless. Untuk wired menggunakan gateway 192.168.0.3, sedangkan
untuk wireless menggunakan gateway 192.168.1.3.

Pastikan koneksi baik wired maupun wireless sudah ok terlebih dahulu baru
kemudian melakukan setting ICSnya. O iya, untuk wireless connectionnya pastikan
ESSID dan channel antara client dan ubuntu router sudah sama.

CMIIW
Salman

Powered by Telkomsel BlackBerry®