Beban 20 komputer kantoran sih, buat linux masing 'kacang-kacang'.
Tancep komputer desktop 'biasa' juga sudah cukup.

Tidak ada yang istimewa dengan file server, karena 'nyaris' tidak ada proses di
situ. Jadi tidak perlu processor canggih canggih.

Saya optimis, dengan core-duo 'biasa', cpu load bakal jarang melampaui 5%.
Hampir selalu di bawah 1%.

Harddisk bakal lebih sibuk.
Amati saja dengan vmstat, kalau i/o wait sudah sering naik di atas 10%, tambah
harddisk satu lagi, lalu bagi bebannya se-rata mungkin.

Feeling saya, sebelum dipakai jadi proxy server dengan koneksi di atas 1 Mbps,
sebuah harddisk sata keluaran terbaru sudah lebih dari cukup.

RAM 4 GB bukan kewajiban.
Cuman, kalau baru mau beli komputer, ya aneh juga kalau beli RAM 512 MB.
Harganya 'njomplang' dibandingkan komponen lain, hehehe.
Jadi disarankan 4GB.

Note: kalau punya duit lebih, daripada beli processor canggih, mending beli
satu komputer lagi sebagai backup.
Jadi tiap malam isi harddisk server utama di-rsnapshot ke server backup. Jadi
ada data kemarin, 2 hari lalu dst sampai (kalau perlu) tahun lalu.

Semoga itu membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Soalnya data fileserver hilang bukan cuman karena harddisk crash. Lebih sering
hilang karena terhapus tidak sengaja oleh usernya sendiri, hehehe....

Salam,

Adi Nugroho
PS: Sorry for top posting