(Maaf, file driver nya ternyata tidak bisa diattach -e-mailnya
dipulangin sama MAILER-DAEMON :p)
Dear all,

Saya coba untuk menginstall driver Printer Receipt Samsung Bixolon SRP
275 di Ubuntu 9.10  -drivernya saya sertakan (attach). Tapi dari
panduan (readme) yang saya baca, saya banyak dapat masalah dan
hasilnya sama sekali nihil. Soalnya sayang bingung ada dua jenis
driver yang disertakan dalam file zip tersebut, PuppyLinux dan
StdLinux.

Apa perbedaan PuppyLinux dan StdLinux? Karna saya baru dalam dunia
linux, saya sempet browsing ternyata puppy linux itu salah satu
distro. Apakah ada cara untuk bisa mengeksekusi file GUI tersebut
(dalam folder Puppy Linux) di Ubuntu 9.10? Saya liat di panduannya
menggunakan Fedora (entah berapa). Begitu saya tes di Ubuntu saya,
malah gagal.

beq...@bequni-pc:~/Downloads/SRP-275_v1.0.0/PuppyLinux$ sudo
./SRP275_GUI_Setup_Puppy
[sudo] password for bequni:
sudo: ./SRP275_GUI_Setup_Puppy: command not found

Lalu saya coba untuk install via text, menjalankan
setup_v1.0.0_Puppy.sh. Tapi saya sama sekali ngga ngeliat perubahan
apapun! Malah ada pesan error setelah mengeksekusi file sh tersebut.

==================
r...@ubuntu:~/Desktop/SRP-275_v1.0.0/PuppyLinux# sh setup_v1.0.0_Puppy.sh

       BIXOLON CO LTD
BIXOLON SRP-275 CUPS DRIVER V1.0.0 Installer

Models included:
                SRP-275

[: 20: Illegal number:
Copying rastertobixolondmp_v1.0.0_Puppy filter...

Creating Symbolic Link....

Copying model ppd files...
cp: cannot create regular file `/usr/share/cups/model/': Is a directory

Restarting CUPS
 * Stopping Common Unix Printing System: cupsd                           [ OK ]
 * Starting Common Unix Printing System: cupsd                           [ OK ]

Install Complete
Add printer queue using OS tool, http://localhost:631, or http://127.0.0.1:631

r...@ubuntu:~/Desktop/SRP-275_v1.0.0/PuppyLinux#

=========

Hasil yang sama saya dapatkan ketika saya coba untuk menginstal file
dari folder StdLinux. Akhirnya saya menyerah, dan mencoba untuk
langsung mengambil file ppd (dikedua folder ada file ppd yang
sepertinya sama).

System > Administration > Printing > New Printer >

Saya pilih Serial Port #1, Baud rate 9600, Parity None, Data Bits 8,
Flow Control Default. lalu forward dan saya pilih Provide PPD File dan
saya ambil file ppd yang hasil ekstrak file zip yang saya sertakan.
Hasilnya memang bertambah 1 printer, tapi dengan tambahan simbol TANDA
SERU! dan saya sama sekali tidak bisa menggunakan printer tersebut.

Padahal kalo saya tes dengan perintah 'ls > /dev/ttyS0' hasilnya
normal, printer tersebut bisa ngeprint keluaran perintah ls.

Apakah ada yang bisa membantu saya??  Please...