----- Original Message ----
From: Ihsan Wahyu Juardi <eyewillw...@yahoo.com>
To: tanya-jawab@linux.or.id
Sent: Mon, February 22, 2010 2:12:07 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] help, (Repair filesystem) #

Kalau Anda ketikkan exit, apa yang terjadi?
Dugaan saya, kerusakan pada filesystem Anda terlalu parah, sehingga
hanya bisa diselamatkan dengan cara reinstall
(ini kasus fsck 1 TB yang berjam-jam itu kan?)

--
andika

saya tidak tahu pasti apa yang terjadi, kenapa fsck gagal ?tapi untuk kasus ini
saya bisa menyelamatkan datanya (kebetulan backupnya enggak update :-)), dengan
booting menggunakan linux rescue dd, masukkan driver SATA RAID, home ternyata
bisa dimounting, kopi data pake rsync.

pelajaran penting banget, selalu update backup data kita, simpan software (cd
installasi, driver RAID controller dsb). hmmm, enggak lagi - lagi deh,
ngeremehin backup..:-)

thanks forum

-ihsan-