2010/5/6 Rachmad Wahyudi <wahy...@bappebti.go.id>:

> Rekan rekan semua,
>
> bagaimana ya caranya untuk me-reject client yang tidak menggunakan user
> loginnya untuk MAIL FROM: ?
>
> saya coba menggunakan telnet localhost 25:
>
> 220 mail.server.com ESMTP
> ehlo server.com
> 250-mail.server.com
> 250-PIPELINING
> 250-SIZE 10240000
> 250-ETRN
> 250-STARTTLS
> 250-AUTH PLAIN LOGIN CRAM-MD5
> 250-AUTH=PLAIN LOGIN CRAM-MD5
> 250-ENHANCEDSTATUSCODES
> [...]

Case 1 : Ini karena testingnya dari localhost atau dari IP yang masuk
kedalam trusted network. Kalau dari trusted network biasanya tidak
perlu auth. Coba test dari IP luar, bisa tidak seperti diatas tanpa
login.

Case 2 : Kalau ada malware atau spam atau trojan yang dicurigai dari
luar, kira2 dalam bentuk apa ? Apakah ada email asing yang terkirim
dari lokal ke internet ? Jika ya, bisa dicheck message sourcenya
sumber email tersebut dari mana.

Case 3 : Saya curiga jika case 2 benar, anda terinfeksi backscatter
spam. Bisa disearch cara mengantisipasinya di Google (saya ada
implement di Zimbra base on Postfix tapi agak sedikit beda
pendekatannya)

Intinya, jika ada spam dari internal, investigasi dulu isi dan header
emailnya seperti apa, berasal dari mana dan apa ada ciri khusus atau
tidak.

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto