mau nanya mungkin pernah dibahas:

mohon bantuan para pakar agar dapat memberikan cara menyelesaikan masalah pengiriman email via thunderbird sering kali pengiriman gagal, dengan keterangan sbb :

The message could not be sent because one of the recipients was rejected by the server. The rejected e-mail address was http://www.spamhaus.org/query/bl?ip=202.xxx.xxx.xxx' (http://www.spamhaus.org/query/bl?ip=202.xxx.xxx.xxx'), Port: 25, Secure(SSL): No, Server Error: 554, Error Number: 0x800CCC79

cara instan yg saya lakukan untuk membuka blokir tsb adalah dgn mengunjungi website www.spamhaus.org (http://www.spamhaus.org), kemudian memasukkan nomor ip saya untuk permohonan pembukaan blokir, namun karena keseringan, jadi "membencikan" juga, dari sekian banyak client, saya tidak bisa melacak client mana yg menyebarkan virus/spam. yg ingin saya tanyakan adakah cara untuk memblokir email menyebarkan virus ? dan bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini ?

Nb : saya pakai postfix + dovecot + RH 9

salam,
setijo agus