2010/6/25 A r y a S e t a <aryas...@gmail.com>:
> Dear All,

> Kondisinya adalah, ada teman saya yang mempunyai web shopping, nah
> karena belakangan ini link inetnya sering mati, dia sering mendapat
> complain dari orang yang mau bertransaksi ke web shoppingnya. Jika dia
> bisa dapat info duluan (klo link inetnya mati) kan akan lebih baik.

++ apa maksud nya script sederhana seperti ini :

#!/bin/bash
# tambahkan ip / hostname dengan spasi jika ipnya/host nya byk
# HOSTS="www.google.co.id www.detik.com"
HOSTS="masukkan.nama.host"
COUNT=1
TIMEOUT=3
# email
SUBJECT="Ping failed"
EMAILID="av...@mydomain.com"
for myHost in $HOSTS
do
  count=$(ping -t$TIMEOUT -c$COUNT $myHost | grep 'received' | awk
-F',' '{ print $2 }' | awk '{ print $1 }')
  if [ $count -eq 0 ]; then
    # 100% failed
    echo "Host : $myHost is down (ping failed) at $(date)" | mail -s
"$SUBJECT" $EMAILID
  fi
done

tinggal masukin ke crontab

$ crontab -e
*/10 * * * /path/to/script

kalau mati, akan di kirim imel ke imel yg tersebut

-avd

--
a mac lover : http://acehmacclub.org
a worker http://alifia.co.id