On Thu, Jul 15, 2010 at 01:34:04PM +0700, Bambang Sumitra wrote:
> [...]
> internet gateway, tapi ada beberapa service untuk lain juga, dengan
> rincian
>
> - Proxy ( Squid )
> - Print server ( Cups) untuk client windows
> - Firewall ( iptables )
> - Dns forwarder (dnsmasq)
> - DHCP Server
> - smtp forwarder ( postfix )
>
> masalahnya jika internet lambat atau sama sekali diskonek, maka ngefek
> ke LAN juga, seperti
> - Jika saya ssh ke server gateway saya dari komputer lain (dalam LAN),
> muncul tampilan loginnya lama, bisa sampai 1 menitan

Login lama karena server gateway berusaha resolv ip client (reverse dns
lookup). Jika tidak ditemukan dia akan nyerah setelah periode tertentu.
Solusinya, di server gateway isi masing2 ip client dan namanya di /etc/hosts
Itu kalau tidak ada dns lokal, kalau ada service dns lokal, tinggal zone
lokal, dan untuk internetan diisi dengan ip dns server di bagian forwarding.

> - Koneksi client ke print server ikut lambat juga.

Mapping pakai ip saja jangan pakai hostname.

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com