On Sat, 2010-11-13 at 09:48 +0800, Nyoman [D] wrote:

> Saya pernah mengalami kejadian seperti ini pak, tapi situasi nya mungkin
> berbeda.
> Salah satu user email ada di kantor cabang yang menggunakan Windows +
> Antivirus Norton, koneksi menggunakan wireless ecek"
> Dulu sering mengalami kejadian serupa, email sudah masuk ke Sent Items
> Outlook Express, tapi di log email server/SMTP tidak ada (kebetulan smtp
> pake smtp kantor, jadi saya bisa check log nya)
> Setelah ditelusuri ternyata hal ini di sebabkan oleh si Antivirus, jadi
> perjalanan email sebelum memasuki tahap/session ke smtp server ditangani
> [...]

Sebenarnya koneksi diputus oleh Outlook Express. Dulu waktu masih pakai
dial up untuk koneksi internet kan ada feature di OE untuk check email
(nge-POP3) dan kirim (SMTP) setelah selesai bisa pilih untuk putuskan
koneksi. Maklum jaman dulu sewaktu internet dialup masih mahal dan
kebutuhan internet melulu hanya untuk email2an, fitur ini sangat
membantu untuk penghematan koneksi internet.