On Thursday, March 29, 2012 10:25:16 AM mat JaDoel wrote:

> kalau  di openSUSE, tinggal edit berkas /etc/sysconfig/postfix dan set
> variabel   POSTFIX_SMTP_TLS_CLIENT   menjadi   "yes",   lalu  jalankan
> "SuSEconfig"  (root).  distro  lain, tambahkan "smtp_use_tls = yes" di
> main.cf. semoga membantu..

Sebetulnya sudah ada hanya "smtpd_use_tls = yes". Setelah diganti jadi seperti
yang Anda sarankan skrng sudah okey, bisa kirim.

BTW Biasanya saya pakai mutt untuk nge"fetch" mail tapi entah gimana pop3 yang
TLS tidak bisa di fetch, pakai mutt. Dulu pernah pakai fetchmail tapi untuk
fetching pop3 yang port 25, MUAnya pakai pine. Fedora tidak menyediakan pine.

Mungkin Anda ada saran bagaimana nyamannya bisa kirim/terima mail di box text
mode. TIA.

Salam,

Putra