From: "tukang ketik" <doeniam...@gmail.com>
Sent: Friday, April 13, 2012 11:29 PM
To: "id-ubuntu" <id-ubu...@googlegroups.com>; "tanya-jawab" <tanya-jawab@linux.or.id>; "id-slackware" <id-slackw...@googlegroups.com>
Subject: [tanya-jawab] webhtb untuk dhcp client, cara baginya gimana ?

dh qdiscer,

saya coba setting webhtb dengan client yang ber IP dinamis,
IP tersebut dhcp, lebih tepatnya client hotspot dimana eth nya
sudah berubah jadi tun0.
pertanyaan saya, bagaimana mendefiniskan tiap client di webhtb
dengan nomor client yang berubah angka maupun jumlahnya.
Apakah harus ditulas atu atu 192.168.0.1 s/d 192.168.0.255 ?
gak mungkin kan ...?
saya sudah definisikan di webhtb satu client dengan ip 192.168.0.0/24
bisa terlihat disitu ada trafiknya, tapi tidak bisa terlihat seluruhnya
yang ber IP 192.168.0.xxx, dengan kata lain berarti webhtb tidak
membagi rata bandwidth pada masing2 client tapi semua client
dijadikan satu.
Bagaimana bisa terlihat tiap2 IP seperti berikut:
192.168.0.11     xxx     xxx      xxx
192.168.0.13     xxx     xxx      xxx
192.168.0.17     xxx     xxx      xxx
192.168.0.9       xxx     xxx      xxx
dst

Terimakasih.

mungkin bisa menggunakan mac addressnya saja dst ip di kosongkan saja hanya mac yang diisi, jadi ipnya berapapun masih bisa terlimit sesuai jatah.