Klo saya berhasil blok akses https facebook. caranya seperti yang mas arief bilang.

Sebagai gambaran, topologi jaringan saya menggunakan satu server router yang digunakan sebagai satu-satunya pintu keluar ke internet. Server saya berbasis Ubuntu, tapi semestinya langkah-langkah dibawah juga bisa dilakukan di Linux yang lain. Server router saya menggunakan DNSMasq untuk penyedia DNS di jaringan lokal. Untuk blocking, anda harus mempunyai DNS server untuk jaringan lokal dan menggunakan iptables untuk firewall.

1. Server facebook sering berubah-ubah alamat IP-nya. Bisa pusing klo harus nyari IP mereka satu-satu. Solusinya, kunci akses facebook hanya ke satu alamat IP server facebook. Saya menggunakan IP 69.171.228.70

2. Untuk mengunci alamat IP facebook, buka file /etc/hosts, dan isi alamat IP facebook:

69.171.228.70 facebook.com
69.171.228.70 www.facebook.com
69.171.228.70 m.facebook.com

3. Sekarang kita buat pengaturan di iptables:

iptables -I FORWARD -m tcp -p tcp -d 69.171.228.70 --dport 443 -j REJECT

Nah, selesai! Akses Facebook yang melalui https akan diblokir, user harus menggunakan akses http yang akan ditangani oleh squid.