On Mon, 18 Oct 2004 08:49:55 -0700, N e o <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> apa beda dan relasi dari kedua kata di atas, sains dan teknologi?

wah, saya mau nulis panjang lebar tentang ini tapi belum sempat.
jadi saya jawab seadanya dulu ya. ini tentunya opini saya (yang
mungkin ngawur)

sains berorientasi untuk menjelaskan fakta alam dan menumbuhkan ilmu.
dia berada pada ruang yang steril (bersih, "ideal", nggak peduli masalah
biaya)
output dari sains adalah ilmu yang dituangkan dalam bentuk tulisan
(paper, buku)
kegiatan science adalah research

teknologi mempertimbangkan juga aspek ekonomi, kepraktisan,
dan berorientasi pada produk.
output dari teknologi juga dituangkan dalam bentuk tulisan dalam
bentuk paten, desain (rancangan pabrik, misalnya)
kegiatan teknologi adalah development & engineering
(atau kadang2 orang memasukkan juga applied research)

contoh: science menemukan bilangan imajiner, transformasi Fourier.
teknologi menggunakan bilangan imajiner tersebut untuk memproses
frekuensi suara dengan menggunakan FFT untuk menganalisa spektrumnya
dan kemudian menghasilkan produk equilizer :)

begitu kira-kiranya.

> rasanya yang saya amati di sini lebih mirip diskusi pau-mikro jaman dulu.

maklum banyak orang bekas pau-mikro, dan bahkan ada foundernya
pau-mikro. he he he
dulu waktu saya buat milis pau-mikro (1987) tujuannya adalah
media komunikasi bagi dosen2 dari PAU ME. tapi karena waktu itu
sangat minim pengguna internet, dan kalau pun ada biasanya very
techie, maka milis dibuka untuk umum.
(dulu saya buat milisnya pakai shell script & perl script karena belum
ada mailing list manager, kecuali listserv di mainframe)
semenjak pulang ke indonesia, saya belum pernah join lagi ke
milis pau-mikro itu. takut s/n-nya kecil :(

selama "penghuni" milis ini suka kepada topik2 yang diada,
who cares mau sama atau beda. ya kan?

> saya ikutan juga di [EMAIL PROTECTED], dan pembicaraannya lebih
> luas, dari chip prosesor sampai ke bahan obat nyamuk. dan imho lebih "rame"
> di sana, walaupun secara habitat saya lebih merasa "nyaman" di sini,
> mungkin karena bahasa yang dipakai kebanyakan adalah bahasa sehari-hari IT.

sah-sah saja. di sini mau diskusi very technical pun bisa.
(saya bisa bicara banyak tentang VLSI design, formal methods, verification,
compiler construction [meski sudah karatan], etc. tapi siapa yang mau
diskusi soal itu. beraaaaaat dan mboseni.)

setahu saya, orang di milis ini sebetulnya *lebih technical* dari anggota
di milis-milis lain. bahkan saya berani ngadu dengan milis apa pun.
he he he. (ini dari nama-nama yang pernah muncul di milis ini lho.)

hanya mungkin rekan-rekan lagi males ngobrol terlalu detail.
(mungkin udah capek soal detail?)
atau takut membosankan rekan lain di milis ini.
atau lagi "ngukur" tingkat kedalaman diskusi.
maklum, namanya juga milis baru...

> atau pada mau coba ikut ke [EMAIL PROTECTED] juga, untuk lebih
> melebarkan wawasan?

no thanks.

-- budi

Kirim email ke