Pada 25 Dec 2004, 05:30:58 +0700, Budi Rahardjo menulis (diringkas):

> Eh, ada pertanyaan yang belum terjawab. Apakah kolaborasi
> wiki dapat dikerjakan secara offline?
> Terus nanti setiap pekerja menggunakan cvs untuk checkin,
> dan checkout?
> Ataukah harus dikerjakan secara online?

        Umumnya memang dikerjakan langsung dari situs Web Wiki ybs.
        Kendati demikian, ada juga projek pembuatan editor WYSIWYG untuk
        Wikipedia (karena merk ini yang paling banyak jamaahnya),

        http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia_talk:Text_editor_support
        (bagian atas artikel tersebut agak berantakan).

        Jika dilihat pada topik berkutnya di bagian bawah, "Editing
        offline..." yang menjadi persoalan berikutnya memang perihal
        konflik, terutama untuk artikel populer. Beberapa Wiki (misalnya
        MoinMoin) menyediakan mekanisme "lock" sehingga pengunjung lain
        diminta menunggu sampai dengan kunci tsb. dilepas oleh penulis
        lain.

        Rasanya untuk penulisan buku yang diatur oleh koordinator,
        konflik bisa diatasi.

        Persoalan lain (IMO) adalah semantik "markup" Wiki yang "(lebih)
        miskin" dibanding HTML dan setiap merk cenderung memiliki aturan
        sendiri. Urusan tipografi yang biasanya diatur menggunakan
        SmartyPants juga belum didukung di Wiki. Saya baru sanggup
        menambahkan untuk Tavi karena kode PHP-nya sederhana. Begitu
        melihat kode MediaWiki (mesin Wikipedia), duh, sementara angkat
        tangan...

        <shameless promotion>
        Karena topik tentang dunia Wiki kelihatannya menarik, saya mulai
        menyusun sebuah Wiki tentang Wiki dalam Bahasa Indonesia.
        Semacam "idealisme" dan forum gaya Meatball Wiki, tentu dengan
        "suasana Indonesia".

        Baru dalam beberapa hari ini saya pasangi materi untuk halaman
        depan dan rencana terdekat beberapa tulisan yang pernah saya
        buat tentang Wiki akan dipindah ke sana dan mudah-mudahan supaya
        segera semangat meneruskannya.

        * http://cempedak.direktif.web.id
        </shameless>

---akhir kutipan---

--
amal

The worst sin towards our fellow creatures is not to hate them,
but to be indifferent to them; that's the essence of inhumanity.
                -- G.B. Shaw

Kirim email ke