On Fri, 24 Dec 2004 20:45:24 +0700, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> On Fri, 24 Dec 2004 05:13:47 -0800, Made Wiryana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Hasilnya adalah sebuah "printer" yang bisa dipilih
> dari menu.. Tinggal di-print (aplikasinya apa saja)(,
> nanti dia tanya nama filenya. Langsung jadi PDF.

Banyak sebetulnya tool utk generate pdf file, ini enaknya yang namanya
berkas terbuka (walau dibuat proprietary tapi standard PDF relatif
terbuka, dan sepertinya sekarang lagi
dipropose buat standard yg bukan dipegang Adobe, sorry nomor seri
standardnya lupa).

> Dulu di tempat saya banyak PostScript hackers
> (standar buku bacaan adalah buku Postscript yang warna
> biru, lupa judulnya. Kalau sudah advance naik warna
> bukunya ... saya lupa merah atau hijau. he he he.)

Ada putih, oranye, biru, saya kebetulan punya buku itu.

> Dulu ada lomba buat postscript file yang aneh-aneh.
> Ada kawan saya yang buat program untuk mengakali printer
> yang kuno sehingga biar ngeprint 5 copy tetap dihitung
> satu kali. he he he.

Saya ada contoh file postscript yg jadi webserver.  PDF pun sebetulnya
khan format postscript yg dicompres dan diberi tambahan fungsi. Jadi dasarnya
tetap postscript language

> Tadinya saya kira menambahkan grafik/gambar sudah
> ada metoda baru. Ternyata masih pakai PostScript juga?

Sebetulnya banyak cara tapi yg lumayan device independent atalah Postscript.

Justru karean faktor device independent itu kalau unttuk urusan
dokumen dan buku saya
lebih suka pakai LaTeX based (via LyX) daripada pakai Wordprocessor apalagi
wordprocessor yg ngerubah layout kalau printer diubah.

IMW

Kirim email ke