On Sat, 15 Jan 2005 09:54:22 +0700, Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ada, namanya (alm.) Prof. Kudrat
> Labnya beliau, dulu namanya Lab Teoritis, meskipun bukan di IT
> tapi di EE. Tapi tetap ... teori.
> Memang banyak yang menghindari masalah teori.

Tentang pembagian science jadi teori dan terapan,  Ernest Rutherford
bilang gini:

"All science is either physics or stamp collecting."

gak yakin saya salah mengartikan apa nggak. stamp collecting itu rada2
gak science, yg dilakukannya ngumpul2in yg sudah ada, bikin jadi
bagus.

Contohnya, software development. Ketika saya nulis code, menurut saya
itu rada2 bukan science, makanya biasanya relatif gampang dan anak2 yg
gak belajar science juga bisa melakukannya.

Harusnya yg stamp collecting bukan jadi problem di Indonesia. Berapa
banyak yg nulis software di Indonesia?? Ada 1 yg saya tahu, ebdesk.
salut buat mereka. Kita hanya kumpulan fans kan (termasuk saya :) ).
fans linux, mac, windows. fans latex, office, openoffice. ini bentuk
baru dari penjajahan. digital imperialism. bahkan kebiasaan jari kita
aja dijajah. saya biasanya bekerja di windows. pas coba pake mac, jadi
kaku. geblek gak?? tangan gue juga di jajah. :)

Kalaupun kita gak sanggup bersaing di physics, harusnya kita bisa
bersaing di stamp collecting.  kita punya 200 juta penduduk, bayangkan
kalau 1 orang 1 line code, jadi 200 juta line code, microsoft juga
bangkrut. hahahaha .. ngelanturrrrrrrrr ...

--
Pakcik

Kirim email ke