On Wed, 23 Feb 2005 05:23:29 -0800, Anto S. Nugroho <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Bas,
> Maksudnya "close" to internet topology ini bagaimana definisinya/
> cara mengukurnya ? Apakah diukur -misalnya- dengan
> Euclidean distance pada ruang vektor multi dimensi ?

Saat saya membaca artikel tentang SOM, sepertinya itu tentang mapping
multidimensional vertices ke dalam vector (CMIIW). Proses yang akan
saya buat mungkin adalah kebalikannya. Kita tahu bahwa topologi
Internet adalah berbentuk hirarki, mungkin dari AS sampai LAN. Di
level AS (misalnya) saya generate secara random beberapa titik,
termasuk interkoneksi antartitik.Demikian juga untuk level-level di
bawahnya dengan menyertakan juga koneksi ke level di atasnya
(pemilihannya juga random). Jenis ke-random-an di setiap level tentu
berbeda, baik dari segi jumlah titik maupun koneksi antartitiknya.
Semakin tinggi level, vertex degree rata-rata setiap titik akan
semakin besar (setiap titik cenderung akan mempunyai koneksi ke lebih
dari 1 titik).

Di dalam nam/ns (network simulator), sebenarnya juga sudah ada tool
untuk men-generate topologi ini
(http://www.isi.edu/nsnam/ns/ns-topogen.html). Hanya saja, ada tool
lain yang saya butuhkan yang tidak/belum ada di ns. Jadi, terpaksa
membuat program/simulasinya sendiri (kemungkinan memakai Matlab).

Kirim email ke